Alliance française Denpasar

Titre

  

Pengenalan Perpustakaan Multimedia

Perpustakaan Multimedia Alliance française Denpasar adalah sebuah tempat yang unik bagi kebudayaan Perancis di Bali. Ia berkembang, memodernisasi diri dan terbuka untuk pengunjung dan para pembaca yang baru.

 

Di sini Anda dapat membaca berbagai jenis buku dalam bahasa Prancis dan Indonesia bagi semua kalangan. Anak-anak dan remaja mempunyai banyak pilihan untuk komik, buku bergambar dan bacaan dalam bahasa Prancis yang mudah. Anda juga akan menemukan berbagai karya sastra dari pengarang-pengarang terkenal Prancis dan belahan dunia yang lain (kita mempunyai koleksi buku yang berasal dari 116 negara!)  karya tulis dalam bidang ilmu sosial & antropologi, sejarah dan teknologi. Bagi Anda yang bekerja di bidang pariwisata, tersedia koleksi buku panduan wisata untuk Bali dan Prancis yang akan sangatmembantu Anda.

 
 

Majalah dan terbitan berkala untuk anda: surat kabar nasional dan internasional (Marianne, Courrier International, Ca m'Intéresse), majalah budaya dan warta dunia (Les Inrockuptibles dan Voilà dari Pusat-Pusat Kebudayaan Prancis di Indonesia), terbitan saintifik (Science du Sud, La Recherche), majalah geografi (Géo Ado) dan juga majalah anak (Je Bouquine).

 
 

Tersedia pula surat kabar dan majalah Indonesia (Bali Post, Kompas, La Gazette de Bali), buletin yayasan yang beroperasi di Indonesia (Yayasan Anak) dan majalah untuk pengajar bahasa Prancis (Le Français dan le Monde). Majalah-majalah ini bisa dibaca di tempat (untuk umum) atau dipinjam untuk dibaca di rumah (khusus anggota).

 
 

BARU ! Sekarang Anda dapat melihat daftar buku, DVD dan CD.

 

Akhirnya, kami juga memiliki perpustakaan khusus untuk yang sedang belajar bahasa  Prancis, dengan metode bahasa Prancis untuk penutur asing bagi anak-anak, remaja dan orang dewasa, kamus dwibahasa, buku tata bahasa, kosa kata, fonetik dan peradaban.

Dua perangkat komputer disediakan untuk pengguna perpustakaan. Anda bisa menjelajah internet untuk belajar bahasa Perancis secara online, penelitian dan untuk mengetahui semua informasi terkini dengan cuma-cuma.

BARU ! Sekarang Anda dapat melihat daftar buku pengajaran.

Ucapan terimakasih disampaikan kepada Kedutaan Besar Prancis di Jakarta, yang telah mendukung Alliance francaise Denpasar sehingga telah mengalami kemajuan seperti  sekarang ini.
 

Jadwal perpustakaan

Untuk meningkatkan pelayanan kami, Mediatek AF Denpasar menambah jam buka mulai 1 Oktober 2013. Perpustakaan multimedia terbuka untuk mereka yang ingin membaca di tempat, mengembalikan dokumen dan memakai komputer.   

Jadwal peminjaman dan pengembalian dokumen:

Senin sampai Jumat  : 10.30 - 12.30 dan 13.30 - 19.30

 

 

PERHATIAN: Jadwal dapat berubah sewaktu-waktu. Harap memastikan via telepon untuk menghindari kekecewaan.

 

Peraturan intern mediatek

- GRATIS: baca di tempat untuk semua dokumen bagi semua pengguna mediatek.
- GRATIS: akses internet (koneksi wifi).
- Peminjaman semua jenis dokumen hanya bisa dilakukan dengan menunjukkan kartu mediatek yang masih berlaku.
- Pengguna mediatek diharapkan untuk menjaga ketenangan ruang baca dan meninggalkan tasnya di pintu masuk.
- Buku dan majalah yang telah selesai digunakan harap diletakkan di atas meja. Jangan dikembalikan di rak buku.
- Dilarang makan, minum, menelepon, merokok di dalam ruang baca.
- Dalam kasus kehilangan dokumen, pustakawan/ati berhak memeriksa isi saku atau tas pengunjung.

Seorang pustakawaan/ati berbahasa Prancis dengan senang hati siap membantu anda. Jangan ragu untuk meminta bantuannya!

 

Peraturan peminjaman

- Anggota berhak meminjam maksimal 4 dokumen (misalnya 2 buku, 1 DVD dan 1 majalah atau 4 buku). CD/DVD hanya bisa 1 judul per peminjaman.

- Jangka waktu peminjaman adalah:
Buku
: 3 minggu  
(perpanjangan 
: 2 x 1 semaine) 
DVD / CD
: 1 minggu 
(perpanjangan
: 2 x 1 semaine)
Majalah
: 1 minggu 
(perpanjangan
: 2 x 1 semaine)

  

- Perpanjangan masa pinjam dapat dilakukan melalui telepon, sms, email atau fax.

- Dokumen referensi serta majalah dan Koran edisi terbaru tidak untuk dipinjamkan dan hanya dapat dibaca di tempat.
 

Pendaftaran

Syarat menjadi anggota:
    • Membawa foto kopi KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor/Kartu Konsuler yang masih berlaku.
    • Membawa 2 lembar pas foto ukuran 2x3 cm.
    • Mengisi formulir pendaftaran.
    • Menandatangani surat pernyataan keanggotaan.
    • Membayar uang pendaftaran (lihat “Tarif”).
  •  

Tarif

 
 
Jenis keanggotaan
Biaya pendaftaran
Uang jaminan*
a
 
Anggota internasional
Bagi WNA
300.000 IDR / tahun
 
b
 
Anggota nasional
 
Bagi WNI
 
 
  180.000 IDR / tahun
 
 
 
c
 
Anggota Alliance
 
Bagi murid, guru dan pegawai AF
 
GRATIS
(selama masa kursus)
- 100.000 IDR / masa kursus (murid)
- GRATIS (guru & pegawai)
* Uang jaminan akan dikembalikan diakhir masa kursus.
 

Denda

- Peminjam dikenakan denda untuk setiap keterlambatan pengembalian dokumen:

Buku & majalah   : 1 000 rupiah per dokumen dan per hari
DVD/CD  : 1 500 rupiah per dokumen dan per hari

- Jika dokumen yang dipinjam rusak atau hilang, pengguna wajib memberikan ganti rugi uang sejumlah dua kali harga beli dokumen tersebut atau menggantinya dengan dokumen yang sama.

 

Kontak

Alliance Française de Denpasar
Jl. Raya Puputan I, n°13A Sumerta Kelod
Renon, Denpasar 80235
Tel. / Fax : (+62 361) 234 143
 

Nilai + mediatek !

" Kehidupan di Bali " ditulis oleh Sandrine Soimaud, sur les conseils précieux de Made Suradiya. Ketika pertama kali diterbitkan pada tahun 2007, "My life in Bali", telah digambarkan sebagai publikasi yang sangat menarik dan inovatif bagi anak-anak dan orang tua. Pendekatan alami buku ini menciptakan kesenangan bagi orang tua dan muda untuk mengetahui dengan mudah hal yang mengagumkan dan terkadang terdapat fakta-fakta aneh mengenai kehidupan, budaya, sejarah dan penduduk masyarakat Bali. Tidak hanya sekedar panduan, buku ini adalah ajakan untuk melakukan perjalanan serta penghormatan bagi masyarakat Bali yang selalu memberi salam atau menyapa jutaan wisatawan setiap tahun-nya dengan senyum dan kemurahan hati mereka.

(Rp 175 000, tersedia dalam bahasa Perancis, Inggris dan Indonesia)

 

Forum Jakarta-Paris telah menerbitkan dua kumpulan cerita pendek Indonesia yang diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis. Teks-teks ringkas dengan kualitas sastra tingkat tinggi yang melalui bentuk-bentuk dan keragaman konteksnya, merefleksikan berbagai wajah realitas Indonesia. Cerpen-cerpen ini sebagian besar diambil dari sejumlah besar koleksi yang dulu dikumpulkan dan diterjemahkan oleh Denys Lombard, namun dalam hal ini mereka disusun berdasarkan sebuah tema untuk setiap volume. 

"Maman monte au ciel" menuturkan, berdasarkan kategori ritus keagamaan, keyakinan dan khayalan yang demikian luas, keanekaragaman upaya setiap individu dalam mencapai keluhuran kondisi mereka. (Rp 20.000, tersedia dalam bahasa Perancis)

"Vigile" mengupas guncangan-guncangan sejarah yang telah menjungkirbalikkan Indonesia antara tahun 1930-1950 (akhir periode kolonial, pendudukan Jepang, revolusi dan kemerdekaan). (Rp 20.000, tersedia dalam bahasa Perancis)
 
- " Le voyage du poète " menggambarkan pemburuan penyihir yang terjadi di Indonesia tahun 1965-1966, dan juga aspek-aspek utama masyarakat Indonesia, terutama adat-adat Bali yang masih hidup sampai hari ini. (Rp 40.000 tersedia dalam bahasa Perancis)
 
- " Couleur femme ", koleksi sepuluh penyair muda Bali - enam perempuan, empat laki-laki - adalah gema dari perayaan di Bali pada tahun 2010 untuk acara budaya Prancis, musim semi Penyair. Contoh kecil dari puisi kontemporer Indonesia yang tidak hanya berakar dalam tradisi lokal, tetapi juga mencerminkan bahasa Indonesia modern. Kekinian dalam ayat yang bebas, sinkopasi, yang menentang tata bahasa dan mengundang multitafsir; kekiniannya juga ditemukan dalam tema feminisme dan penuntutan hak-hak mereka. Tradisi merupakan sumber inspirasi yang tak lekang waktu sama seperti alam dan agama. (Rp 20.000 tersedia dalam bahasa Perancis)
 
- " Batu Kesabaran (Singge Sabur) " karya Atiq Rahimi                                                                                                                                                          
Singge Sabur adalah kata benda berjenis feminin yang berasal dari bahasa Persia syngue "batu", dan sabour "kesabaran". Batu Kesabaran. Dalam legenda Persia, Singge Sabur adalah sebuah batu hitam bertuah, sebuah batu kesabaran yang diletakkan orang-orang di hadapan mereka untuk mengungkapkan kemalangan-kemalangan mereka, penderitaan-penderitaan mereka, kesusahan-kesusahan hati mereka, kesengsaraan-kesengsaraan mereka... Mereka menceritakan kepada batu itu segala hal yang tak berani mereka ungkapkan kepada orang lain.. Bagaikan sebuah spons, batu itu mendengarkan, menyerap semua kata, semua rahasia hingga suatu hari batu ini meledak... Dan pada hari itulah kita terbebaskan. Namun dalam kisah ini, "batu kesabaran" itu adalah seorang laki-laki yang terbaring, setelah sebuah peluru bersarang di tengkuknya tanpa membunuhnya. Istrinya merawat dan mendampinginya sepanjang waktu. Perempuan itu tetap merawat dan berbicara kepada sang suami meski ia memendam kepahitan akan kehidupan pernikahannya. Ia bahkan semakin sering berbicara padanya, dan mengungkapan hasrat, kepedihan, dan rahasia dari lubuk hatinya yang paling dalam. Kala perang antara dua kubu berkecamuk di jalanan, perempuan itu terus berbicara dan berzikir, tanpa benar-benar tahu apakah suaminya memang mendengarkan perkataannya...
(40.000 IDR)
 

- "Keranda Emas" adalah antologi puisi 21 penulis Bali.  (Rp 22.000, tersedia dalam bahasa Indonesia)


 

Kembali ke atas